Ads

   Bisnis Model Canvas (BMC) merupakan suatu kerangka kerja yang membahas model bisnis yang disajikan dengan bentuk visual berupa kanvas lukisan agar dapat dimengerti dan dipahami dengan sangat mudah.

Bisnis model canvas sendiri bisa dibilang sebuah awalan perencanaan atau perancangan bisnis yang dibuat untuk mengevaluasi perkembangan bisnis dan persaingan antar industri itu sendiri.Dalam bisnis model canvas ada beberapa yang harus di rancang yaitu sebagai berikut :

Baca Juga : Ide Bisnis Jasa Paling Banyak Dibutuhkan

1.SEGMENTASI PASAR

Segmentasi pasar sendiri merupakan target pasar dari industri atau bisnis itu sendiri dan ada beberapa contoh untuk membuat segmentasi pasar :

a). Tingkat Ekonomi

Dalam tingkat ekonomi misalnya, target bisnis ini untuk ekonominya yang menengah ke atas.

b). Gender

Misal target pasar dari sebuah perusahaan skincare 99% adalah seorang wanita.

c). Umur Rentan Konsumen

Nah untuk umur sangat-sangat spesifik misalnya, bisnis alat make up itu untuk wanita yang umurnya 18 sampai 28 keatas.

d). Komunitas

Komunitas sendiri salah satu paling penting misalnya, target pasar dari bisnis laptop gaming adalah para gamer yang dimana memiliki pengetahuan tentang kecanggihan laptop tersebut. 

e). Wilayah Tempat Tinggal

Wilayah sangat penting sekali misalnya, di bandung sendiri banyak berjejeran toko-toko baju / clothing yang bersebelahan dan itu sangat-sangat bagus.

2.KEUNGGULAN PRODUK/JASA

Keunggulan produk/jasa sendiri misalnya, handphone ini memiliki spek yang bagus dan dilengkapi teknologi anti air.

a). Menjawab kebutuhan dan keinginan konsumen

b). Masalah yang dapat diselesaikan melalui produk/jasa yang ditawarkan

Baca Juga : Ide Bisnis Bagi Pelajar dan Mahasiswa

3.SALURAN/CHANNEL

Cara yang digunakan untuk menyampaikan produk dan berbagai keunggulannya misalnya, sebuah perusahaan memperkenalkan produknya di sosial media Facebook dan Instagram dan memasarkannya dengan cara beriklan dengan menyampaikan keunggulan dari produknya.

4.HUBUNGAN PELANGGAN

Merupakan hal yang paling penting karena sebuah bisnis/perusahaan memerlukan layanan yang baik kepada para konsumennya dan membuat para konsumennya tetap loyal terhadap bisninya.

5.PEMASUKAN/PENDAPATAN

Sebuah bisnis/perusahaan mempunyai sumber pemasukan dan pendapatan dan darimana sumber pemasukan/pendapatan bisnis itu.Misalnya berawal dari modal sendiri dan selanjutnya pendapatan dari laba/untung daripada penjualan produk/jasa yang ditawarkan.

Baca Juga : Ide Bisnis Minuman Paling Laris

6.SUMBER DAYA KUNCI

Merupakan kebutuhan dari sebuah bisnis/perusahaan dalam proses bisnisnya, misalnya sebuah perusahaan clothing (pakaian) memerlukan sumber daya bahan kain untuk mengemas bisnisnya.Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam sumber daya kunci :

a). Sumber Daya Fisik

Berupa kebutuhan fisik dari sebuah bisnis/perusahaan, misalnya perusahaan kopi siap seduh yang membutuhkan kebutuhan fisik yaitu biji kopi yang diolah halus.

b). Sumber Daya Intelektual

Intelektual sendiri berupa kebutuhan logo, merek dagang dan lainnya. 

c). Sumber Daya Manusia

Sumber daya manusia berupa jasa orang lain yang dibutuhkan dalam menjalankan sebuah bisnis/perusahaan, misalnya sebuah bisnis clothing memerlukan jasa penjahit, para desainer, para pengrajin sablon, ahli marketing dan lainnya. 

d). Sumber Daya Finansial

Merupakan kebutuhan finansial untuk menjalankan sebuah bisnis/perusahaan atau bisa disebut modal dan biaya produksi dari bisnis itu sendiri.

7.AKTIVITAS KUNCI

Merupakan sebuah proses dari bisnis tersebut yang menciptakan produk beserta keunggulannya

a). Kegiatan Utama Dalam Mengelola Bisnis

Proses daripada sebuah perusahaan/bisnis dalam menciptakan sebuah produk, misalnya sebuah perusahaan saos siap saji memerlukan beberapa proses yaitu membeli cabai dari petani dan mengolahnya ke tempat produksi lalu melakukan pengemasan dan produk siap dipasarkan.

b). Keahlian Yang Dibutuhkan Dalam Mengelola Bisnis

Bagian/bidang yang dibutuhkan perusahaan, sebuah perusahaan besar mempunyai karyawan yang begitu banyak misal bagian produksi, gudang, pemasaran, sopir, desainer dan lainnya.

8.MITRA KUNCI

Merupakan sebuah mitra bisnis yang bisa saling mendukung dalam berbagai aspek, misal dari segi bahan baku dan produksi yang bisa diandalkan dari mitra bisnis itu sendiri.

a). Kerjasama harus dijalin agar bisnis bisa beroperasi dengan baik

b). Jasa yang bisa diandalkan untuk mengembangkan sebuah bisnis

9.BIAYA/PENGELUARAN

Biaya/pengeluaran merupakan hal yang paling penting dalam sebuah bisnis/perusahaan misalnya :

a). Biaya bahan baku

b). Gaji karyawan

c). Biaya promosi dan lainnya



Post a Comment

Previous Post Next Post